Cara Mudah Membuat Dockable Window dengan JVCL

aseli bikinan agus made

Pastikan paket komponen JVCL sudah terinstal pada delphi anda, jika belum silahkan download di : http://jvcl.sourceforge.net dan ikuti langkah instalasinya.

Jika semua sudah beres, kini kita mulai.

buat program baru, dan tambah kan dua form lagi, hingga program kita terdiri dari tiga Form. Jangan lupa set ukuran Form2 dan Form3 lebih kecil dari Form1 (sekitar 250x250an), dan set properti "formstyle"-nya menjadi "fsStayOnTop" karena ke dua form ini akan dijadikan Dockable Form.

pada Form1 (form utama) tambahkan dua buah Button, dan komponen TJvDockServer ( dari tab "Jv Docking" dikomponen palette), tambahkan juga salah satu komponen Dock Style (misalnya TJvDockVIDVCStyle).

set property JvDockServer1.DockStyle=JvDockVIDVCStyle1

pada Form2 tambahkan komponen TJvDockClient (juga dari tab "Jv Docking").

hubungkan Form2 dengan Form1, bisa dilakukan dengan menambahkan "Unit1" pada "uses" atau pilih menu "File | Use unit" kemudian pilih unit1.

set property JvDockClient1.DockStyle=Form1.JvDockVIDVCStyle1

lakukan hal yang sama (seperti Form2) untuk Form3.

beri event OnClick pada Button1 dan Button2 yang ada di Form1 untuk menampilkan masing-masing untuk menampilkan Form2 dan Form3.

kurang lebih begini :

//...
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
Form2.Show;
end;

procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
begin
Form3.Show;
end;
//...

selesai.

Jalankan program, klik Button1 dan Button2, arahkan ke dua Form ini ke pinggir Form1 lihat hasilnya.

Terima kasih
Agus Made K (http://agusmade.blogspot.com)

0 komentar:

Posting Komentar

More

Label

3D (1) blogger (1) Canvas (2) cerita pribadi (4) cms (1) coreldraw (1) delphi (6) freeware (1) GLScene (1) gps (1) HTML5 (2) humor (1) library (1) mysql (4) OLE/DDE (1) online tools (2) oop (2) OpenGL (1) photoshop (2) php (1) PJU (2) project (4) referensi (1) software (9) tamzbackup (1) tutorial dasar (8) zeos (3)