ooDb : Delphi Object Oriented Datasase

Belakangan ini saya mencoba membuat sepaket library yang nantinya dapat digunakan untuk pengelolaan DataBase berbasis Object Oriented menggunakan Delphi dengan DataBase MySQL (dapat juga diterapkan pada database yang lain, butuh sedikit modivikasi) dan Zeos untuk direct access ke MySQL. Sebenarnya besok kalo punya duit maunya sih pake MyDAC :-(

Orientasi utamanya adalah untuk memudahkan dalam pengembangan software skala Besar dengan Pola standar. Ide ini muncul bermula dari sulitnya menemukan standar pengembangan software database berbasis delphi (atau mungkin tidak harus distandarisasi), padahal menurut saya ini hal yang esensial.

Pada tahap awal ini belum banyak hal yang sempat saya tangani, namun sudah cukup banyak membantu saya dalam mengembangkan beberapa proyek.

Berikut adalah uraian beberapa class dasar yang yang saya buat dalam library ini :
TamView : Merupakan Class utama dalam pengelolaan Object Oriented Datasase. Class ini meng-handle tabel ataupun kumpulan tabel untuk dikelola, pengelolaan berupa DDL maupun DML SQL handle. Pada versi ini, belum semua DDL dan DML yang didukung. hanya pengelolaan utama yang sudah saya tangani seperti : Select (termasuk join, where, order dan limit), Insert, Delete dan Update. Jangan salah faham dulu... dalam pengembangan software anda tidak perlu menggunakan sintak SQL, karena library ini yang akan membuatnya. itulah proses utama yang dilakukan oleh library ini. Intinya menerjemahkan bahasa object pascal pada software anda menjadi sintak SQL yang selanjutnya dihubungkan ke MySqL menggunakan direct access-nya Zeos.
Bahkan dalam waktu dekat kita akan mengabaikan bahasa pascal dalam penggunaannya. karena XML jauh lebih enak dipahami. Ini yang akan saya kembangkan. tunggu saja tanggal mainnya :-)

TamDetail : Merupakan subClass dari TamView untuk pengelolaan master detail, sub detail, dan sub-nya lagi dalam tingkatan tak terhingga. Hubungan antara master dan detail dapat berupa KeyField dan MasterField (seperti standard Delphi) bahkan beberapa KeyField dan MasterField, maupun SQL Like JoinType.

TamLookup : Merupakan class pengelolaan Join beberapa tabel dengan berbagai JoinType dan beberapa field terkait.

Juga class-class lain seperti TamOrder, TamLimit, TamFilter untuk pengelolaan full custom select. namun tetap tidak kacau dalam peng-update-an data.

Dua unit yang saya buat untuk proyek ini, antara lain :
amDbObj ==> berisi class-class dasar untuk pengelolaan database.
amDbIntf ==> berisi class-class pendukung untuk user interface.

Untuk lebih jelasnya hubungan antar class pada masing-masing file dapat anda lihat pada gambar.
Dan dokumentasi library dalam format HTMLHelp (chm) ini dapat anda download.

Segala kritik dan saran ditunggu, jangan ragu kirim bug report, protes, cacian, umpatan, pujian dan sebagainya ke krisnaparta{at}gmail.com Pengembangan ini sangat membutuhkan partisipasi semua pihak.

Selamat mencoba, semoga anda mendapat proyek besar dan jangan lupa bagi2 :-)
silahkan download file chm nya di sini

1 komentar: Leave Your Comments

  1. Anonim9:48 AM

    saya tertarik dengan OOP database-nya mas,.
    BTW, cara lihat file CHM-nya gmn ya kok cm brisi class2,ato fungsi apa gitu.hehe (maklum baru blajar). bisa minta tutorial OOP database atau sourcenya,..thx Charizt

    BalasHapus

More

Label

3D (1) blogger (1) Canvas (2) cerita pribadi (4) cms (1) coreldraw (1) delphi (6) freeware (1) GLScene (1) gps (1) HTML5 (2) humor (1) library (1) mysql (4) OLE/DDE (1) online tools (2) oop (2) OpenGL (1) photoshop (2) php (1) PJU (2) project (4) referensi (1) software (9) tamzbackup (1) tutorial dasar (8) zeos (3)